Selasa, 13 September 2011

Definisi Manajemen Pemasaran

Definisi pemasaran menurut beberapa ahli :
  • Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
  • Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial
definisi umum dari pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Tugas dari Seorang Manajer Pemasaran yaitu :
  • Bertanggung jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
  • Bertanggung jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
  • sebagai koordinator manajer produk dan penjualan
  • manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan di bagian pemasaran.
  • membuat laporan pemasaran kepada direksi
 
Pada contoh penjelasan tentang manajemen pemasaran kali ini saya mengambil contoh dari perusahaan logo designer.
Pertama hal yang akan dibahas adalah mengenai marketing strategy atau strategi pemasaran, yaitu dengan cara :
- Mengikuti berbagai kontes desain baik logo ataupun yang lain di dalam maupun luar negeri.
- Menawarkan produk melalui berbagai komunitas dunia maya seperti : Kaskus, Facebook dan lain-lain
- Menggunakan SEO (search engine optimization)
- Membuat iklan gratis maupun premium di internet
- Mengirimkan email-email ke para pengusaha yang baru dan mulai berkembang.
- Memberikan Paket paket desain agar lebih cocok dan sesuai dengan keinginan klien.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar